Sumber Referensi Belajar Seputar Islam

Cara Menjatuhkan Talaq Yang Benar



Cara menjatuhkan talak

1.Dengan kata-kata yang jelas (shorih)

Talak itu di ucapkan dengan kata-kata yang jelas,umpama suami berkata kepada seorang istri “Engkau saya talak”Engkau saya cerai” Dengan kata-kata tersebut ,sekalipun tidak disertai niat ,maka jatuhlah talak dan perceraian tersebut.

Mengingat bahwa talak itu terbatas dan
dapat mengakibat haramnya hubungan ,maka jangan lah mudah menggunakan kata-kata tersebut.jadi, tidak tepat bila kata-kata tersebut di anggap sebagai permainan atau senda gurau.


Rosulullah telah bersabda :

Artinya :

Dariabu hurairoh RA ,nabi muhammad saw bersabda : Tiga hal atau perkara jika yang tiga itu disengaja benar,dan jika disengaja berolok-olok ia pun benar juga ,yaitu:nikah dan rujuk “(HR.imam arba /empat kecuali nasa’i dan dishohekan oleh al-hakim)


2.Dengan kata-kata yang samar (kinayah)
Mentalak juga terjadi dengan kata-kata yang samar atau sindiran (khinayah).Umpama suami berkata “pergilah engkau dari sini”atau”pulanglah kerumah orang tuamu “.Perkataan tersebut dapat menyebabkan jatuhnya talak atau cerai bila disertai dengan niat.


Firman Allah swt :

Artinya :

Dan jika mereka berazam (bertetap hari untuk )talak,maka sesungguhnya allah maha mendengar lagi mengetahui.(Surat al-bakoroh:227).


Kedua macam talak tersebut bisa jatuh apabila di ucapkan oleh :

· Suami yang berakal sehat (tidak gila)

· Suami yang mempunyai kehendak sendiri.

   Jadi apabila suami yang akan menjatuhkan talak tidak memenuhi ketiga syarat tersebut ,maka tidak sah atau tidaklah jatuh suatu pentalakan ,karna sebab itu jangan lah memudah suatu perkataan yang seperti keterangan di atas .

Rosulullah telah bersabda :

Artinya :

“Dari ibnu abas ra nabi muhammad saw bersabda :Sesungguhnya allah swt telah menggurkan dari umatku kekeliruan,lupa ,dan karena dipaksa atasnya”(HR.Ibnu majah dan K.hakim)

Rangkuman

2. Talak merupakan perbuatan halal yang sangatdi benci allah swt dan hukumnya adalah makruh atau terlarang.

3.Bentuk-bentuk talak ada tiga macam yaitu:talak atas keputusan suami ,khulu ,dan fasakh.

4.Hukum talak dapat menjadi sunnah ,wajib ,atau haram ,tergantung kondisi dan penyebabnya.

5.Bila suami menjatuhkan talak atas kemauan sendiri dengan sebab tertentu ,maka tidak boleh sewenang-wenang dan masih di bebani memberikan mut’ah

6.Khulu ‘ialah talak yang dijatuhkan suami karena memenuhi permintaan istri.

7.Jika istri menghendaki khulu’, maka harus membayar tebusan kepada suami ,yakni mengembalikan maharnya.

8.Jika tidak ada alasan yang benar,melakukan khulu tergolong makruh bahkan haram.

9.Fasakh ialah penjatuhan talak yang dilakukan oleh hakim karena ada perpecahan dan suami mau tak mau dapat melakukannya.

10.Bilangan talak terdiri dari tiga ,Yakni talak satu,dua,dan tiga

11.Talak ada dua macam ,yakni talak roji dan talak ba’in

12.Talak roji adalah talak yang dijatuhka oleh seorang suami terhadap istri dan masih berhak rujuk selama masih masa iddah.

13. Talak ba’in adalah talak yang di jatuhkan oleh seorang suami ,dan menyebabkan hilangnya hak rujuk bagi suami terhadapbekas istrinya.

14.Talak ba’in ada dua macam yakni ba’in sugro dan kubro.

15. Cara menjatuhkan talak ada dua macam ,yakni dengan dengan kata-kata yang jelas (shorih) dan dengan kata-kata yang samr (kinayah).

16. Untuk menjatuhkan talak harus didasarkan atas pertimbangan yang matang dan penuh dengan sautu perhitungan ,sebab talak tidak boleh dijadikan suatu permainan atau senda gurau.


Catatan :

Jangan bermain-main dimasa rumah tangga .berumah tanggalah yang romantis dan yumanis agar hidup terasa indah dan nikmat untuk dijalani.Dan tidak terjadi Talaq