Sumber Referensi Belajar Seputar Islam

Bacaan Doa Qunut Lengkap Arab, Latin, Nazilah, Arti Dan Hukumnya

Bacaan Doa Qunut - Assalamu alaikum shobat ngajifiqih.com alhamdulillah  kita masih  bisa bertemu lagi disini. Kali ini saya selaku admin ingin menjelaskan tentang bacaan doa qunut lengkap arti beserta arti terjemahan dan latin. Dan tidak lupa juga saya akan membahas hingga hukum doa qunut.


Add caption

Doa qunut adalah salah satu doa yang biasa kita baca di waktu sholat shubuh,witir.Lafadz qunut sendiri berasal dari fi'il madhi yaitu Qonata yang  Dimana memilik arti patuh dalam mengerjakan sesuatu kepada Allah SWT.

Meskipun ada perdebatan di antara kalangan ulama, namun membaca doa qunut  adalah termasuk salah satu sunnah muakkad (sunnah yang sangat diperkuat)

Namun ada suatu pengecualian untuk pendapat para imam di setiap madzhab tentang cara melakukan. Seperti pejelasan bacaan qunut terkait bacaan qunut subuh, bacaan qunut, doa qunut shubuh ,dan bacaan qunut nazilah.

Bacaan doa qunut, qunut sholat subuh, bacaan qunut latin , bacaan qunut arab, dan bacaan qunut nazilah. Dan Untuk lafadz qunut dalam bahasa arab latin dan artinya sebagai berikut :
Bacaan Doa Qunut Shubuh

Bacaan doa qunut lengkap arab, latin ,nazilah dan arti, doa qunut, qunut nazilah, doa qunut shubuh, doa qunut imam, doa qunut dan artinya
Doa Qunut 

Bacaan Doa Qunut Latin
"Allahummah dinii fii man hadait.
Wa’aafinii fii man ‘aafaiit.
Wa tawallanii fii man tawallaiit.
Wa baarik lii fiimaa a’thaiit.
Wa qinii syarramaa qadthaiit.
Fa innaka taqdthii walaa yuqthdaa ‘alaiik.
Wa innahu laa yadzillu man wãlaiit.
Walaa ya’izzu man ‘aadaiit.
Tabaa rakta rabbanaa wata ’aalait
Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit
Astaghfiruka wa atuubu ilaiik,
wa shallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadinin-nabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

Arti Doa Qunut 
"Ya Allah tunjukkanlah saya sebagaimana mereka yang sudah.
Engkau berikan petunjuk.
Dan kasihkanlah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau sudah kasih kesehatan.
Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau pelihara.
Dan berilah keberkahan bagiku pada segala apa yang Engkau sudah karuniakan.
Dan lindungi aku dari segala bahaya kejahatan yang Engkau sudah pastikan.
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum.
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin.
Dan tidak mulia orang yang mana Engkau memusuhinya.
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau seluruh pujian di atas yang Engkau hukumkan
Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

NB: jika menggunakan (ni) maka untuk artinya  Cuma satu orang (aku) dan jika berjamaah maka ganti kata “aku” menjadi “kami." (na) 

Doa Qunut Untuk Imam

Doa Qunut Imam 
Nb: Doa qunut untuk imam dan ma'mum hanya beda dzhomirnya saja, yang dimana ketika doa qunut untuk imam maka menggunakan dzhomir (na) seperti lafadz qunut di atas.

Doa Qunut Nazilah

Doa qunut nazilah ialah doa qunut yang dimana di baca dengan tujuan meminta suatu perlindungan kepada Allah dari bala (musibah). Doa qunut nazilah ini di mubahkan atau di bolehkan di baca dalam sholat Lima waktu.

Doa qunut nazilah di anjurkan di baca ketika di saat terjadi suatu musibah, bala atau cobaan. Dalam pengaplikasiaannya di baca pada 5 waktu sholat, seperti yang pernah dilakukan oleh nabi muhammad SAW,dan di baca pada saat rokaat terakhir sebelum melakukan sujud.

Doa Qunut Nazilah tidaklah tertentu dan terbatas seperti di atas tadi,sebab qunut nazilah lafadznya di sesuaikan dengan situasi kondisi yang sedang terjadi.

Doa Qunut Nazilah 

Hukum Doa Qunut
Hukum baca doa qunut dalam sholat shubuh adalah sunnah ab'ad. Dan bagaimana ketika seseorang meninggalkan doa qunut yang hukumnya sunnah ab'ad.

Jawabanya :
Dikutip dari NU Online
Adapun terkait sunah ab’ad, Abu Bakar Muhammad bin Syatha’ Dimyathi dalam kitab I‘anatut Thalibin menjelaskan bahwa sunah ab’ad adalah sunah yang dianjurkan kuat untuk diganti dengan sujud (sahwi) jika melewatkannya. Bahkan, menurut Syekh Muhammad bin Syatha’, sunah itu dinamai ab‘ad karena sunah tersebut menjadi bagian (ba’dhu) dari rukun shalat.

Ibnu Ruslan sebagaimana dikutip oleh Syekh Muhammad bin Syatha’ menulis sebuah nadham yang menjelaskan rincian sunah ab’ad berikut ini:

أبعاضها تشهد إذ تبتديه * * ثم القعود وصلاة الله فيهش على النبي وآله في الآخر * * ثم القنوت وقيام القادر في الاعتدال الثان من صبح وفي * * وتر لشهر الصوم إن ينتصف


Artinya, “Adapun ab’ad shalat adalah dimulai dengan tasyahud kemudian duduk tasyahud awal dan membaca shalawat untuk Nabi SAW kemudian qunut pada saat berdiri i’tidal di rakaat kedua shalat subuh dan witir di pertengahan bulan Ramadhan,” (Lihat Abu Bakar bin Syatha Ad-Dimyathi, Hasyiyah I’anatut Thalibin, [Beirut: Darul Fikr, tanpa catatan tahun], halaman 196).

Baca juga :
                   Doa iftitah lengkap
                    Diwajibkannya sholat 5 waktu

Nb :jadi sudah jelas ketika seseorang meninggalkan bacaan doa qunut shubuh dengan tidak sengaja maka harus sujud sahwi.
0 Comments